Penyakit leukemia ini adalah penyakit kanker darah. Ternyata kanker darah sangat ganas dan dapat menyerang siapapun terutama anak-anak. Ini yang membuat masa depan anak-anak terancam dan tidak ada harapan dan membuat para orangtua sangat menderita juga. Kanker darah ini ternyata peringkat kedua yang dapat menyerang anak-anak dan juga tingkat kematian bagi anak umur 1-14 tahun akibat keganasan kanker darah ini atau dikenal LEUKEMIA. Sebuah kanker memerlukan waktu panjang untuk berkembang biasanya dari awal tidak apa-apa sampai akhirnya menjadi kanker. Biasanya terjadi pada anak-anak tetapi karena waktu dan perkembangannya biasanya terasa dan timbulnya setelah dewasa seiring dengan perkembangan kanker tersebut.

Sama seperti kanker yang lainya kanker pada anak tetap pada harapan buat disembuhkan apabila bisa diteukan secara dini dan stadium dini juga. Teapi sayang penyebab kanker pada anak belum bisa dipastikan dari mana hingga kini. Tetapi para pakar mensinyalir adanya suatu cacat dalam sel atau kerusakan dan sejak bayi dalam kandungan sudah terjadi sesuatu cacat geneti. Dan akhirnya akibatnya mempergaruhi lingkungan terjadilah suatu pertumbuhan di luar kendali yang berakibatkan kanker. Dan ini semuan diluar kemampuan ibu yang sedang mengandung.

Pada kanker darah atau leukemia akut, sel darah putih dilepaskan dari sumsum tulang kealiran darah sebelum waktunya. Sel darah putih tersebut kemudian berkembang dengan cepat dan menjadi berlebihan. Gejala-gejala yang tampak biasanya pucat di sertai lesu dan lemah, demam yang tidak jelas datangnya, perdarahan abnormal dengan tanda-tanda biru-biru dan bintik merah di kulit, nyeri pada tulang dan kelenjar getah bening yang bengkak dan perut bengkak atau terasa keras saat diraba. Pengobatan terhadap penyakit ini biasanya operasi, kemoterapi atau radioterapi dan transplantasi sumsum tulang. Tingkat keberhasilanya biasanya tergantung stadium kanker yang terjadi. Biasanya kemungkinan penyembuhan terhadap penyakit kanker darah ini terbilang sanga minimal. Jadi bagi orangtua mulai sekarang perhatikanlah anak-anak anda dan tidak ada salahnya memeriksakan secara dini apabila gejala tersebut terdapat pada anak-anak anda. Karena penanganan secara dini akan lebih baik.