Benarkah ketulusan hati itu ada didunia kerja? atau apakah ketulusan ini bisa kita ibaratkan sebagai kejujuran tanpa kemunafikan? Kerelaan mengakui kemampuan orang lain? Kebesaran jiwa mengakui keberhasilan rekan kerja? Ketika kita melihat sikap rekan kerja yang sangat berlawanan dengan apa yang kerap kali diucapkannya, maka kita perlu mempertanyakan ketulusan hatinya.

Ketika anda memberikan hasil pekerjaan kepada pimpinan kemudian pimpinan anda mengatakan “terima kasih, well done” akan tetapi pada saat pimpinan mengatakan hal tersebut beliau tidak memandang ke anda dan hanya terpaku ke pekerjaanya, disini anda bisa mempertanyakan, apakah ucapan itu bisa dikategorikan sebagai ucapan yang tulus? sebaliknya sebagai cermin diri maka anda juga harus bertanya kepada diri sendiri “ apakah saya bersikap yang sama terhadap rekan kerja? atau kepada bawahan anda?

Disisi lain, penghargaan atau sanjungan setinggi apapun juga akan kehilangan arti jika diarahkan kepada orang tertentu saja yang dekat dengan anda, ungkapan yang berlebihan juga tidak terlalu baik.

Satu hal yang terpenting jika anda ingin menunjukan ketulusan hati anda dengan membuat komitment terhadap diri sendiri, lakukan semua pekerjaan yang memang sudah anda rencanakan, usahakan selalu tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan anda, jika anda memang ingin memberikan informasi kepada rekan kerja maka lakukan seperti yang sudah anda rencanakan. Janganlah komitment berubah sesuai dengan siapa anda berhadapan, atau dengan maksud dan tujuan tertentu.

Jangan sekali-sekali “menjilat” untuk mencari nama baik atau keinginan tertentu, tindakan yang hanya dilakukan untuk mendapat penghargaan sesaat sangat kurang baik, terlebih jika anda terlalu memaksakan diri dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Dengan bersikap konsisten, akan menunjukan sikap profesionalisme anda, reputasi profesionalisme kerja anda dinilai tidak hanya dari satu tindakan melainkan dari tindakan-tindakan yang simultan dan dijalankan bereksinambungan.

Tunjukan selalu sikap yang tulus dalam bekerja, sehingga akan datang dengan sendirinya penilaian yang tulus dari rekan kerja maupun pimpinan, dan secara lebih luas anda membantu meningkatkan citra perusahaan anda bekerja.