Keberhasilan memerlukan lebih dari sekedar kerja keras, tahan banting, dan memiliki pengalaman di bidangnya. Untuk meraihnya, Anda perlu memahami dan memiliki ketrampilan dasar bisnis. Mengembangkan sebuah usaha kecil agar menjadi usaha yang besar dan berhasil memerlukan lebih dari sekedar passion/hasrat. Lebih dari separo usaha baru gagal karena pengusaha tidak mampu menerjemahkan passion mereka kedalam keterampilan bisnis praktis.

Menjalankan usaha kecil akan menjadikan Anda sebagai orang yang serba tahu. Merupakan hal penting untuk mengetahui ketrampilan apa saja yang telah Anda miliki dan yang harus dipelajari atau didelegasikan ke orang lain. Pada saat melakukan pekerjaan dimana Anda kurang terampil, Anda dapat mempelajarinya sendiri seiring perjalanan waktu atau menyewa orang yang ahli di bidang tertentu.

Berikut adalah esensi dari soft skills (kemampuan seseorang atau yang sejenis yang bukan ketrampilan teknis) yang perlu dipelajari atau dapatkan untuk membantu keberhasilan bisnis:

1. Ketrampilan Pendelegasian : delegasi melibatkan penunjukan tanggungjawab orang lain dalam pemenuhan pekerjaan. Posisi ideal yang ingin Anda dapatkan adalah, staff melakukan aktivitas rutin dari bisnis anda. Pendelegasian yang efektif melibatkan pencapaian keseimbangan yang tepat antara pengendalian yang efektif dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya secara efektif. Elemen kuncinya adalah mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan, daripada bisnis bekerja untuk Anda!

2. Ketrampilan Berkomunikasi: komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan. Pada saat Anda memikirkannya, hampir semua yang Anda lakukan memerlukan peningkatan komunikasi. Agar bisnis berjalan efektif, Anda harus mengkomunikasikannya dengan baik. Ketika anda merekrut pegawai baru, ketrampilan komunikasi yang baik membantu Anda untuk memilih orang yang tepat. Ketika Anda berkomunikasi dengan pemegang saham yang beragam, Anda harus dapat menjelaskan ekspektasi Anda dengan jelas dan menjadi sensitif ketika terjadi masalah. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana mengkomunikasikan visi secara efektif dengan passion dan keyakinan.

3. Ketrampilan Bernegosiasi: tanpa disadari, semua orang bernegosiasi secara tidak resmi dalam kehidupan sehari-hari. Negosiasi formal adalah ketrampilan yang dapat dipelajari melalui pengalaman dan praktek. Orang yang sering bernegosiasi akan lebih terampil daripada orang yang tidak berpartisipasi dalam negosiasi formal/informal. Orang yang berpengalaman akan tahu apa yang dikatakan, kapan saat yang tepat untuk mengatakannya, atau kapan saat yang tepat untuk membuat konsesi. Kuncinya adalah bagaimana mengembangkan pendekatan win-win dalam bernegosiasi dengan semua pihak. Namun pada saat yang bersamaan, ingatlah bahwa Anda juga ingin mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi diri Anda sendiri.

4. Perencanaan Stratejik: perencanaan stratejik sangat penting dalam aktivitas bisnis. Perencanaan stratejik adalah proses mendefinisikan strategi atau arah perusahaan dan membuat keputusan alokasi sumber modal dan manusia. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana memproyeksikan kinerja perusahaan dimasa datang, dalam kerangka kerja tiga hingga lima tahun mendatang, didukung dengan perencanaan bisnis yang terdefinisi dengan jelas.

5. Ketrampilan Kepemimpinan: kepemimpinan adalah proses penyelesaian pekerjaan melalui orang. Kepemimpinan merupakan ketrampilan manajemen yang sangat penting, kemampuan untuk memotavisi sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan juga berarti kemampuan melakukan tugas, membangun, memobilisasi, dan memotivasi tim. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana menempa hubungan jangka panjang dengan prospek, konsumen, supplier, karyawan, dan investor.

6. Ketrampilan Membangun Tim: ketrampilan membangun tim dan kerja tim adalah hal yang penting bagi wirausahawan saat ini. Orang yang bekerja sesuai potensinya didalam tim memberikan solusi yang lebih baik dan lebih produktif daripada bekerja secara independen. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana membentuk tim karyawan, rekan, penasehat, dan investor yang akan membantu bisnis Anda di tingkat selanjutnya.

7. Ketrampilan Analisa: pada saat ini tempat kerja memiliki teknologi yang canggih dan komplek. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, kebutuhan analisa juga meningkat. Kemampuan analisa adalah kemampuan yang secara objektif menilai keberadaan bisnis Anda, untuk menetapkan dimana bisnis akan berada dimasa depan, dan apa yang harus dilakukan untuk menutup gap pertumbuhan bisnis saat ini dan yang akan datang. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengumpulkan, meninjau, dan mengevaluasi data yang diperlukan untuk merumuskan dan mengumpulkan argumen.

8. Ketrampilan sales dan marketing: menetapkan metode dan kebijakan sales dan marketing yang berhasil – dari menentukan harga dan periklanan hingga teknik penjualan – penting untuk meningkatkan bisnis Anda. Kemampuan untuk menganalisa kompetisi, pasar, dan kecenderungan industri penting bagi pengembangan strategi marketing. Kuncinya adalah tahu bagaimana membentuk dan menyampaikan pesan pada target audien yang tepat yang dapat mengenerate bisnis baru, dan akan mambangun aliran pendapatan yang menguntungkan.

9. Kemampuan General Manager: manajemen melibatkan pengarahan dan pengendalian sekelompok orang atau lebih untuk tujuan mengkoordinasi kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan. Manajemen mengarahkan pada penjabaran dan arah sumber daya manusia, finansial, dan teknologi. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen yang dapat dikerjakan yang akan mengatur operasional keseharian, memelihara pemegang saham , dan mendukung pertumbuhan bisnis.

10. Keterampilan Manajemen Cash Flow : cash flow biasanya menyita banyak perhatian bisnis kecil dan menengah. Dalam bentuk yang paling sederhana, cash flow adalah pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Cash flow adalah aliran darah bisnis yang tumbuh dan merupakan indikator penting bisnis yang sehat. Dampak dari cash flow adalah hal yang nyata, dan jika terjadi kekeliruan, akan benar-benar hancur. Kuncinya adalah bagaimana memonitor, melindungi, mengendalikan dan meletakkan kas untuk bekerja.

11. Keterampilan Manajemen Finansial : aktivitas finansial adalah aplikasi serangkaian teknik yang digunakan individu dan bisnis untuk mengatur uang mereka, khususnya selisih antara pendapatan dan pengeluaran, serta resiko investasi. Kebutuhan penganggaran dan pelaporan kinerja keuangan adalah hal terpenting. Kuncinya adalah tahu bagaimana menginterpretasikan dan menganalisa laporan keuangan Anda, seperti mengidentifikasi item-item yang dapat mempengaruhi keuntungan.

12. Keterampilan Manajemen Waktu : manajemen waktu adalah keterampilan umum yang membantu Anda untuk menggunakan waktu dengan cara yang paling efektif dan produktif. Manajemen waktu adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Dengan mempelajari keterampilan ini akan mendukung Anda untuk mencapai lebih banyak dan mengunakan waktu dengan bijak. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengatur waktu Anda dengan efisien dan fokus pada aktivitas yang memberikan nilai bagi bisnis Anda.