Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan di internet salahsatunya adalah kegiatan streaming konten dari berbagai sumber di internet. Kegiatan streaming ini semakin populer karena dibantu oleh tersedianya akses internet broadband. Dulu mungkin sahabat cukup puas hanya dengan membaca berita dari situs berita online. Tapi sekarang, sahabat mungkin akan penasaran ingin menonton berita di internet melalui streaming.

Streaming sangat populer karena adanya akses internet kecepatan tinggi atau broadband connection. Masih ingatkah sahabat pengguna internet zaman dulu yang menggunakan modem dial-up? Pada saat itu kita harus puas dengan kecepatan sekitar 14.4 kbp, 28.8 kbps, atau 56 kbps. Bisa dibayangkan betapa lambatnya akses internet tersebut dan pada akhirnya mempengaruhi aktivitas di internet. Paling-paling hanya sekedar online untukcheck e-mail, browsing news, chatting dan sebagainya.

Dengan semakin tingginya penetrasi internet di Indonesia, khususnya dari sisi infrastrukturnya, maka beragam pilihan akses internet tersedia saat ini, seperti akses internet via Wi-Fi connection, via kabel modem, via ADSL dan via jaringan 3.5G. Dulu mungkin sahabat harus ke warnet untuk bisa menikmati akses internet dengan sedikit lebih kencang. Maka saat ini sahabat bisa memilih akses internet dari mana saja dengan biaya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan sahabat. Banyak lokasi publik yang sudah tersedia akses internet melalui Wi-Fi dan itupun mulai banyak yang memberikan secara gratis. Untuk kebutuhan akses internet dari rumahpun sahabat sekarang semakin mudah.

Kesimpulannya bahwa internet sudah menjadi bagian dari hidup karena mungkin ada aktivitas yang sangat tergantungdengan internet, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Akses broadband sekarang memang mengubah pola aktivitas di internet secara drastis. Dari sisi penyedia konten, hal ini membuat mereka lebih kreatif dan lebih bebas dalam menyediakan konten bagi orang banyak. Konten yang tadinya hanya berupa teks, maka dengan adanya broadband bisa menjadi audio streaming atau video streaming. Interaksi antar pengguna internet juga sangat berbeda dengan zaman dahulu dengan adanya akses broadband ini. Kalau dulu interaksi mungkin hanya melalui e-mail atau chatting, maka di era broadband interaksi bisa melaluivoice call via internet, video call menggunakan webcam, sharing file menggunakan file sharing tool/media, upload konten video untuk bisa dilihat user lainnya.

YouTube merupakan salah satu simbol sukses dari maraknya aktivitas streaming di internet. Menurut data sampai dengan medio Maret 2008, di database mereka ada sekitar 78,3 juta konten video dengan rata-rata saat ini sekitar 150.000 – 200.000 konten video yang diupload  setiap harinya ke YouTube. Ini merupakan angka yang fantastis jika dihubungkan dengan banyaknya bandwidth yang telah berpartisipasi dalamproses upload maupun proses watching konten video dari user.

YouTube mungkin salahsatu contoh fantastis dari kegiatan streaming di internet. Masih banyak sekali situs streaming video lainnya dengan jumlah konten yang tidak sedikit. Sebut saja Viddler, Vimeo, Yahoo! Streaming Video Service, OnWorld TV, dsb.

Broadband juga embuat beragam aplikasi berbasis internet yang butuh kecepatan tinggi semakin nyaman digunakan. Sebut saja Google Earth, Google Map, SearchMe,LimeWire, dsb.

Jika contoh diatas adalah contoh streaming video, maka pada masa sebelumnya streaming audio telah lebih dahulu populer. Ada ribuan channel radio online di internet dengan berbagai macam kategori. Dengan teknologi internet sekencang saat ini, maka streaming audio menjadi sangat nyaman seperti halnya kita mendengarkan radio FM lokal.

Selain infrastruktur internet yang semakin baik, disisi teknologi streaming saat ini dikenal ada banyak streaming media sistem yang berfungsi baik untuk audio ataupun video, beberapa diantaranya menggunakan sistem operasi windows, Mac OS, Linux, BSD Unix, Solaris, dan varian unix lainnya.

Fenomena streaming sebenarnya secara tidak langsung juga mengubah cara kita dalam berinternet. Mengapa demikian? Dahulu jika sahabat ingin melihat suatu konten multimedia maka tentunya sahabat harus wajib mengunduh konten atau file tersebut dan kemudian baru menjalankannnya dengan suatu media player tertentu yang sesuai dengan format konten tersebut. Dengan adanya streaming maka sahabat bisa melihat atau mendengarkan konten multimedia tanpa harus mendownload media filenya. Jadi streaming sebenarnya merujuk kepada metode distribusi suatu konten kepada end-user.

Streaming video pada komputer sebenarnya sudah mulai muncul sebagai suatu konsep sejak tahun 1970-an. Namun dikarenakan terbatasnya kemampuan teknis saat itu dan tingginya biaya yang dibutuhkan mengakibatkan teknologi tersebut menjadi mandeg. Saat ini dengan beragam pilihan streaming media seperti yang telah disebutkan tadi membuat aktivitas streaming bisa berjalan normal.