Ingin berat badan stabil? Konsumsi kacang merah sangat dianjurkan karena kacang merah memperlambat pelepasan kalori dalam tubuh, memperlambat rasa lapar dan menunda kenyang.

Jika Anda sedang dalam program diet, makanan apa yang dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan? Diantara sekian banyak jenis makanan yang bagus untuk diet, ternyata kacang merah dan gandum sangat dianjurkan. Namun mana yang lebih baik?

Untuk memulai program diet, sebaiknya Anda tahu dulu apa yang membuat sebuah makanan itu baik untuk diet. Ternyata faktor paling penting yang harus dimiliki makanan diet adalah serat larut.

Semua bahan pangan yang banyak mengandung serat larut sangat baik karena dapat menyerap air. Bagi yang sedang melakukan diet, serat larut dapat menjaga level darah tetap stabil dan menurunkan kolesterol dengan mencegah penyerapan lemak dalam usus dan juga menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Kacang merah dan gandum utuh (oat) adalah sumber serat larut yang baik. Tapi ternyata kacang merah akan lebih banyak bermanfaat untuk diet ketimbang gandum.

“Kacang merah adalah sumber yang lebih baik untuk jantung daripada gandum utuh, karena serat larut dan antioksidannya lebih banyak dari gandum utuh. Tapi sayangnya orang-orang jarang mengonsumsinya,” ujar Riska Platt, RD dari American Heart Association.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition tahun 2002 menemukan bahwa hanya dengan mengonsumsi setengah mangkuk kacang merah matang setiap harinya dapat menurunkan kolesterol dalam waktu tiga bulan.

Dietary Guidelines for Americans pun merekomendasikan orang-orang untuk mengonsumsi setidaknya tiga mangkuk kacang merah setiap minggunya jika ingin melakukan diet sehat dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Jadi jangan lupa masukkan kacang merah ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, terutama di bulan puasa ini yaitu pada saat sahur, karena akan memperlambat pelepasan kalori dalam tubuh, memperlambat rasa lapar dan menunda kenyang sehingga tubuh ideal pun bisa cepat Anda dapatkan.