lobak

Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur.

Melati

Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh.

pepayaGunakan biji buah pepaya untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 7-10 butir biji pepaya dicuci bersih lalu dikunyah 1 kali sehari. Biji pepaya mempunyai daya antiseptik terhadap bakteri penyebab diare, yaitu Escherichia coli dan Vibrio cholera.

Buah Nona

Buah Nona (Annona reticulata) yang bentuknya mirip srikaya, bisa dimanfaatkan untuk obat diare atau disentri. Cara rebus batang buah nona yang kemudian air rebusannya diminum sehari sekali. Batang buah Nona mengandung Senyawa asetogenin.

Kecubung

Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung (Datura Fatuosa) dan gunakan air rebusannya untuk obat kompres rematik, bengkak, anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul. Kecubung berkhasiat karena memiliki efek antiasmatik, antitusif, antirematik, analgesik, afrodisiak dan anestetik.

Kulit Pisang

Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotonin yakni hormon yang mengatur mood (suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stres.

Daun Sirih

Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan.