Es Batu

Tempelkan es batu ke bagian punggung yang sakit. Dengan segera rasa nyeri punggung akan membaik seiring dengan cairnya es batu tersebut. Es batu yang ditaruh di leher dan pelipis juga bisa meredakan sakit kepala.

sirsak

Daun sirsak bisa digunakan untuk pengobatan sakit pinggang. Caranya 20 lembar daun sirsak direbus dalam 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Setelah dingin, diminum 1 gelas tiap hari.

temulawakGunakan ramuan temulawak untuk mengobati gangguan pada hati. Caranya iris rimpang temulawak tipis-tipis setelah dibersihkan, lalu direbus dengan air. Rebusan inilah yang nanti diminum, bisa juga ditambahkan madu.

lengkeng

Makanlah buah lengkeng 250 gram setiap hari setelah mengalami sakit. Buah lengkeng dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk proses pemulihan stamina sehabis sakit.

kelor

Minum rebusan air akar daun kelor (Moringa oleivera) bisa memperlancar buang air kecil. Rebusan ini juga digunakan untuk sakit tulang, epilepsi dan kurang nafsu makan. Daun kelor mengandung zat anti-inflamasi, anti-piretik dan antiskorbut.

jahe

Rimpang jahe berkhasiat sebagai antiradang, pereda nyeri dan memperlancar peredaran darah yang dapat digunakan untuk meredakan migrain. Ambil serbuk rimpang yang telah dikeringkan sebanyak 0,5 gram untuk sekali seduh yang diminum 2-4 kali sehari.

Bawang PutihGunakan bawang putih untuk sakit mata atau mata belekan. Caranya ambil satu siung bawang putih, cuci bersih lalu potong ujung bawang. Gosok perlahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah.

kumur

Berkumur dengan air garam dapat menurunkan peradangan, menyembuhkan infeksi dan menguatkan gusi. Ambil garam dapur 3,75 gram masukkan ke dalam 250 ml air minum hangat. Lalu berkumurlah selama 1 menit sehari dua kali sehabis makan dan sebelum tidur.

kelapa

Minum air kelapa dapat mencegah dehidrasi dan kelelahan. Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang membantu mengisi cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh.

teh hijau

Minum teh hijau membuat kulit bersinar, rambut sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik. Teh hijau juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

batuk

Campuran kencur dan sedikit jahe bisa mengobati batuk dan tenggorakan gatal. Caranya parut kencur dan jahe kemudian ditambah air lalu diperas dan ambil sarinya, tambahkan garam sedikit.

angkak

Minum angkak yang dimasak dari 30-100 gram angkak dengan 2 gelas air kemudian didihkan hingga menjadi 1 gelas untuk mengobati sakit demam berdarah dan menurunkan kolesterol. Angkak berkhasiat memperlancar dan menstabilkan darah.