Manggis

Kulit manggis bisa melawan asam ureat bagi penderita rematik atau radang sendi (gout). Caranya, kuli manggis diiris kecil lalu dijemur kering, kemudian celupkan 2-3 iris kulit manggis kering ke dalam 1 gelas air panas. Minum setelah hangat rasanya agak sepat.

Salam

Daun salam efektif menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan asam urat hingga gatal-gatal, kudis dan eksim. Caranya ambil 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc lalu rebusan diminum teratur.

sirih merah

Sirih merah dapat digunakan untuk obat kumur dan keputihan karena bermaanfaat sebagai desinfektan dan anti jamur. Kandungan senyawa eugenol-nya bisa meredakan nyeri atau analgetik, sedangkan kandungan tanin menyembuhkan diare.

labu siam

Konsumsi labu siam dapat meningkatkan asam folat untuk pembentukan sel darah merah dan menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya. Namun untuk penderita rematik sebaiknya dihindari karena sifat dingin labu siam bisa memicu timbulnya sakit.

beluntas

Daun beluntas bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit tuberkulosis (TBC) kelenjar leher karena kandungan alkaloid dan minyak atsiri di dalamnya.

rumput teki

Rumput teki meringankan gejala yang timbul karena sindrom haid seperti nyeri, pusing dan mual karena mengandung antihelmintik, anti bakteri, astringensia. Caranya rebus umbi rumput teki dan rimpang jahe lalu air rebusannya diminum.

Kelapa 2

Minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Air kelapa adalah sumber alami dari elektrolit seperti potasium dan sodium.

Sakit perut

Minum segelas sehari campuran jahe, madu, dan jeruk lemon yang direbus dengan perbandingan secukupnya untuk membantu mengatasi nyeri haid. Jahe membantu mengencerkan kekentalan darah, lemon meringankan udema dan madu membantu menambah kekebalan tubuh.

timun parut

Mentimun bisa digunakan untuk membersihkan ginjal. Caranya mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.