Menyusui memang merupakan salah satu hal penting yang baik untuk tumbuh kembang anak, untuk itu, sebagai ibu, anda juga perlu untuk mengetahui makanan manakah yang sebaiknya anda konsumsi saat menyusui.

Untuk mempertahankan pasokan air susu ibu yang cukup dan membantu bayi tumbuh dengan baik, Anda perlu mengonsumsi variasi makanan. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan adalah makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral penting bagi pertumbuhan bayi.

Menyantap makanan sehat saat menyusui juga meningkatkan energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh tak hanya untuk sang ibu, tapi juga bayi. Seperti dikutip dari laman ModernMom, berikut makanan sehat yang bisa meningkatkan pasokan ASI:

Sayur-sayuran
Sayuran adalah sumber besar vitamin dan mineral. Sayuran adalah sumber utama dari besi, serat, folat, beta-karoten, vitamin C, likopen, flavonoid dan beta-glukan. Mengonsumsi makanan kaya zat besi membantu mempertahankan tingkat energi Anda dan dapat mencegah anemia.

Folat atau asam folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran mentah coba bayam, selada, tomat, ketimun dan jamur. Jika Anda memilih sayuran yang dimasak, coba kacang polong, jagung, dan kale. Anda harus makan 3-5 porsi sayuran setiap hari.

Buah-buahan
Buah bisa menjadi camilan sehat untuk ibu menyusui. Buah yang sehat adalah buah segar yang bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan atau selingan sebelum dan sesudah makan berat. Banyak buah mengandung vitamin A, B, K dan C.

Vitamin C diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh untuk Anda dan bayi. Hal ini juga membantu tubuh menyerap zat besi. Blackberry, blueberry, boysenberries dan stroberi mengandung antioksidan dan serat dalam jumlah tinggi. Buah dapat dimakan dalam keadaan alami, beku atau dijus. Anda perlu makan 3-5 porsi buah setiap hari.

Gandum
Seluruh butir gandum utuh mengandung gizi berlimpah. Seluruh butir gandum sehat adalah sumber vitamin B dan E, selenium, kalium, folat, protein dan zat besi. Seluruh butir utuh gandum lebih sehat daripada butiran halus karena mengandung nutrisi paling banyak dan serat alami, sementara butiran halus gizinya bisa hilang saat proses penggilingan. Gamdum utuh bisa diperoleh dari oatmeal, roti gandum, quinoa, bulgar, beras merah, dan barley.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein yang baik. Kacang mengandung banyak protein dan merupakan sumber lemak yang baik dan sehat untuk diet. Protein penting karena menghasilkan dan memperbaiki sel-sel penting dalam tubuh.

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Kalsium yang cukup diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi yang kuat. Kacang Sehat untuk camilan termasuk kenari, kacang pinus, kemiri, hazelnut, kacang Brasil dan pistachio.

Ikan
Makanan ini tinggi asam lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, menurut Environmental Protection Agency (EPA), AS, ibu menyusui tidak disarankan mengonsumsi ikan hiu, ikan todak, makarel Raja, atau ikan ubin karena tingkat tinggi merkuri. Ikan lain umumnya aman dikonsumsi sampai 12 ons seminggu . Ikan yang mengandung rendah-merkuri termasuk, salmon dan ikan patin.